animasi blog
Animasi Blog

baground

Rabu, 13 April 2016

RPP K-13: GEOMETRI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    : SMA
Kelas/Semester         : X/2
Mata Pelajaran         : Matematika - Wajib
Sub Bab                   : Geometri
Waktu                      : 2 × 45 menit ( 2 x pertemuan)

A. Kompetensi Inti SMA kelas X:
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.   Memahami, menerapkan,  menganalisis pengetahuan faktual,  konseptual,  prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  persamaan kuadrat,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada persamaan kuadrat sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah,  menalar,  menyaji,  dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan persamaan kuadrat secara mandiri,  dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.  Kompetensi Dasar
1.1     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.1.             Memiliki motivasi inernal, kemampuan kerjasama, konsisten, sikap disiplin, dan sikap toleransi dalam perbedaaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2.             Mampu mentransformasikan diri dalam berprilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belaar matematika
3.13. Mendeskripsikan konsep jarakdan sudut antartitik, garis dan bidangmelaluidemonstrasi menggunakan alat peragaatau media lainnya.
4.14. Menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan ruangsertadalam menyelesaikan masalah nyataberkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang.
C. Indikator
1.1.Siswa Terlibat secara aktif dalam  proses pembelajaran Geomatri
1.2.              Siswa Bekerjasama dalam  kegiatan kelompok dan  toleran  terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran Geometri
2.1. Siswa Kritis dan disiplin serta bertanggung jawab dalam melakukan tugas belajar matematika.
3.13. siswa mampu Mendeskripsikan konsep jarak dan sudut antar titik, garis dan bidang melalui demonstrasi menggunakan alat peragaatau media lainnya.
4.14. siswa Menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan ruang serta dalam menyelesaikan masalah nyata berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang.

D. Tujuan pembelajaran.
Dengan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran geometri ini diharapkan siswa:
1.    Mampu Terlibat secara aktif dalam  proses pembelajaran.
2.    Mampu Bekerjasama dalam  kegiatan kelompok dan  toleran  terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran.
3.    Kritis dan disiplin serta bertanggung jawab dalam melakukan tugas belajar matematika.
4.    siswa mampu Mendeskripsikan konsep jarak dan sudut antar titik, garis dan bidang melalui demonstrasi menggunakan alat peragaatau media lainnya.
5.    Menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan ruang serta dalam menyelesaikan masalah nyata berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang.
E.  Materi Matematika
a.    Materi Pokok: Geometri
F.   Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran : Pendekatan saintifik (scientific).
Metode Pembelajaran : cari pertanyaan, diskusi dan tanya jawab
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Pendahuluan.
·    Meminta ketua kelas untuk memimpin doa
Asepsi.
·    Memotivasi siswa
·    Memberitahukan tujuan pembelajaran serta manfaat pembelajaran yang akan berlangsung.
10 menit
Inti
1.      Mengamati
·      Guru menjelaskan masalah  yang ada di sekitar kita.
·      Siswa diminta untuk mengamati ruang kelas
2.      Menanya.
·         Guru mempersilahkan siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari apa yang diamati.
·         Siswa termotivasi menanyakan tentang ruang kelasnya tentang letak sudut, garis dan bidang.
3.      Mengumpulkan informasi
·         Guru menjelaskan tentang letak dari titik, sudut, bidang, titik ke garis, titik kedidang.
4.      Mengorganisasikan
·      Meminta siswa membentuk kelompok heterogen yang terdiri dari tiga orang dalam satu kelompok.
·      Meminta siswa untuk menentukkan dari ketiga tersebut siapa yang jadi penulis, pemberian skor dan penjawab.
·      Meminta tiap kelompok untuk membuat soal minimal 1 soal beserta dengan jawaban dan penskoran dari soal tersebut.
·      Meminta tiap kelompok untuk memisahkan soal dan jawabannya.
·      Meminta tiap kelompok untuk menyembunyikan soalnya di sela-sela buku dibawah kolom meja atau lainnya.
·      Guru memberikan arahan kepada tiap kelompok untuk mencari soal dari kelompok lain yang sudah disembunyikan dan ketika soal itu didapatkan maka kelompok yang mendapatkan soal tersebut harus menjawabbnya.
·      Setelah waktu diberikkan usai maka kelompok yang mengerjakan soal kelompok lain hasilnya akan diperiksa oleh kelompok asal atau kelompok yang punya soal tersebut apakah jawabannya benar atau tidak.
·      Setelah di periksa guru meminta siswa untuk memberi skor pada jawaban kelompok lain.
5. Mengkomunikasikan.
·      Guru meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mengkomunikasikan hasil kerja dari kelompok lain dan memberikan nilai.
·      Guru meminta siswa dari kelompok yang memiriksa untuk menanggapi, mengajukan pertanyaan, saran dan sebagainya dalam rangka penyempurnaan.
·      Guru mendorong siswa untuk menghargai pendapat teman/kelompok lain
70 menit
Penutup
1.    Guru meminta tiap kelompok untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya
2.    Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan memberi salam
10 menit

H. Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.    Buku Matematika X
2.    Lembar Aktivitas Kegiatan Siswa
I.   Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Tes tertulis
1.    Diketahui kubus ABCD. EFGH dengan panjang rusuk 8 cm. hitunglah sudut antara bidang ABGH dengan ABCD.
2.    Sebuah kardus berbentuk kubus ABCD. EFGH. Ruas garis BC diwakili garis r, tentukkan
a.    Titik sudut kubus yang terletak pada garis r
b.    Titik sudut kubus yang terletak diluar garis r
c.    Titik sudut yang terletak di bidang EFGH

Keterangan Skor Penilaian Soal : Pencapaian Nilai Maksimal 100 Dari 2 Soal.
No. soal.
Skor soal
1.
50
2.
50
Jumlah
100

Cara Perhitungan:
Nilai yang akan diberikan pada teste dilaksanakan dengan jalan membandingkan antara skor mentah dengan dengan Skor Maksimal Ideal (SMI), yakni :
 

Sekarbela, 28 Maret 2016
Mahasiswi PPL



Nursidrati
Nim. 151 124 024

Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)



Najamuddin. M. Hum
Nip :197401032007101001

Guru Pamong



Ilham, S.Pd

Kunci Jawaban
1.     
kubus.png
Tan A= 
=  
= 1
= 450
          Jadi, sudut yang dibentuk adalah 450
2.    Titik sudut yang :
a.    Terletak di garis r adalah titik sudut B dan titik sudut C
b.    Terletak di luar garis r adalah A, D, E, F, G, H.
c.    terletak di bidang EFGH adalah titik sudut E, F, G, H


Tidak ada komentar:

Posting Komentar