animasi blog
Animasi Blog

baground

Rabu, 13 April 2016

RPP K-13 :TRIGONOMETRI 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    : MA Nurul Islam
Kelas/Semester                   : X/2
Mata Pelajaran                   : Matematika - Wajib
Sub Bab                             : Trigonometri
Waktu                      : 2 × 45 menit

A. Kompetensi Inti SMA kelas X:
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.   Memahami, menerapkan,  menganalisis pengetahuan faktual,  konseptual,  prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  trigonometri,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada trigonometri  sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah,  menalar,  menyaji,  dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan Trigonometri secara mandiri,  dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.  Kompetensi Dasar
1.1     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.1.             Memiliki motivasi inernal, kemampuan kerjasama, konsisten, sikap disiplin, dan sikap toleransi dalam perbedaaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2.             Mampu mentransformasikan diri dalam berprilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belaar matematika
3.14.    Mendeskripsikan konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku melalui penyelidikan dan diskusi tentang hubungan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga siku- siku sebangun.
3.15.    Menemukan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
4.14. Menerapkan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah.

Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.      Terlibat secara aktif dalam  proses pembelajaran trigonometri
2.      Bekerjasama dalam  kegiatan kelompok dan  toleran  terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran Trigonometri
3.      Kritis dan disiplin serta bertanggung jawab dalam melakukan tugas belajar matematika.
4.      Siswa mampu menyelesaikkan masalah yang diberikkan
5.      Berdiskusi untuk mengetahui hubungan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga siku-siku sebangun.
6.      Siswa teliti dalam Menemukan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
C. Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran persamaan kuadrat ini diharapkan siswa:
1.    Mampu Terlibat secara aktif dalam  proses pembelajaran Trigonometri
2.    Mampu Bekerjasama dalam  kegiatan kelompok dan  toleran  terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran Trigonometri.
3.    Kritis dan disiplin serta bertanggung jawab dalam melakukan tugas belajar matematika.
4.    Siswa mampu menyelesaikkan masalah yang diberikkan.
5.    Siswa mampu Berdiskusi untuk mengetahui hubungan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga siku-siku sebangun.
6.    Siswa teliti dalam Menemukan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
D. Materi Matematika
·         Trigonometri
o  
B
 
Perbandingan trigonometri pada siku-siku


 




Sisi a disebut sisi yang berhadapan dengan sudut a.
Sisi b disebut sisi yang berdekatan dengan sudut a
Sisi c disebut sisi yang miring atau hipotenusa.
Sehingga, Perbandingan-perbandingan trigonometri didefinisikan :
   


o   Nilai perbandingan trigonometri sudut istimewa.
 Nilai-nilai perbandingan trigonometri untuk sudut istimewa
Fungsi
Sudut
0
30
45
60
90
Sin
0
1
Cos
1
0
Tan
0
1
-
Cosec
-
2
1
Sec
1
2
-
Cotan
-
1
0

E.  Model/Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran   : kooperatif Learning.
Pendekatan pembelajaran : Pendekatan saintifik (scientific).
Metode Pembelajaran : Snowball Throwing, Tanya jawab dan Resitasi.
F.  Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.    Guru mengucapkan salam kepada siswa sebagai pembuka proses pembelajaran, selanjutnya menanyakan kabar peserta didik, dengan mengucapkan ucapan “ Bagaimana kabar kalian hari ini, apa sudah siap untuk belajar hari ini”?
b.    Membimbing siswa berdoa.
c.    Memberi motivasi siswa.
d.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Contoh: “hari ini kita akan belajar tentang Trigonometri”
10 menit
Inti
Mengamati :
·         Meminta siswa untuk mengamati masalah yang terdapat dalam buku LKS
Menanya :
·         Siswa di beri stimulus untuk menanyakan hal-hal yang belum di pahami dari apa yang diamati.
·         Siswa menanyakan permasalah yang ada di LKS ataupun yang belum di mengerti
Mengumpulkan informasi
·         Guru menyampaikan materi yang akan disajikan.
·         Guru menjelaskan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
·         Guru memberikan contoh perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
·         Guru menjelaskan  trik untuk mudah mengetahui nilai sudut istimewa.
Mengasosiasi :
·         Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok
·         Kemudian masing-masing siswa dari tiap kelompok diberikan satu lembar kertas, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan.
·         Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain.
Mengkomunikasikkan :
Siswa yang mendapat lemparan bola diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas yang berbentuk bola tersebut serta memberikkan penjelasan atas jawaban tersebut.
70 menit
Penutup
1.    Guru mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan pembelajaran hari ini
2.    Guru memberika tugas rumah kepada siswa.
3.    Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan memberi salam.
10 menit

G. Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.    Buku Matematika X
2.    Lembar Aktivitas Kegiatan Siswa
H. Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Tes tertulis
1.    Diketahui segitiga ABC siku-siku di B, AB = 3 dan BC = 2. Tentukanlah panjang AC dan nilai sin A, cos A, tan C, dan sec C !
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7kHbeYFv0uixfO14kq_pQI9Ct40U_iXSaJbtC2GpM-BLxHdGe5Tqpwo_c-YgaxOMT3aIJ5q4a_Yamg5OrAmpqxVQJ_xCqknG0sXi7rYCxPoo29m-aaGYa9L6THnpcDOpdQoQmUPrZtFY5/s1600/contoh+2.gif
Keterangan Skor Penilaian Soal : Pencapaian Nilai Maksimal 100 Dari 1 Soal.
No. soal.
Skor soal
1.
100
Jumlah
100

Cara Perhitungan:
Nilai yang akan diberikan pada teste dilaksanakan dengan jalan membandingkan antara skor mentah dengan dengan Skor Maksimal Ideal (SMI), yakni :


Sekarbela, 15 Februari 2016
Mahasiswi PPL



Nursidrati
Nim. 151 124 024

Mengetahui,
Dosen Pembimbing lapangan (DPL)



Najamuddin. M. Hum
     Nip :197401032007101001

Guru Pamong



Ilham, S.Pd

Kunci jawaban

1.    Dik : AB = 3 , BC = 2
Dit :  Panjang AC, nilai sin A, cos A, tan C, dan sec  C 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7kHbeYFv0uixfO14kq_pQI9Ct40U_iXSaJbtC2GpM-BLxHdGe5Tqpwo_c-YgaxOMT3aIJ5q4a_Yamg5OrAmpqxVQJ_xCqknG0sXi7rYCxPoo29m-aaGYa9L6THnpcDOpdQoQmUPrZtFY5/s1600/contoh+2.gif 

a.    AC =
       =
       =
       =

Jadi
b.    sinA=(sisi di hadapan A)/(sisi Miring)=2/√13
c.    cosA=(sisi di dekat A)/(sisi Miring)=3/√13
d.   TanC=(Sisi Di Hadapan C)/(Sisi di dekat C)=3/2

e.    Sec C = (Sisi Miring)/(Sisi Samping C) =√13/2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar