animasi blog
Animasi Blog

baground

Rabu, 13 April 2016

RPP K-13: PERSAMAAN KUADRAT 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    : MA Plus Nurul Islam
Kelas/Semester         : X/2
Mata Pelajaran         : Matematika-Wajib
Sub pokok                : Fungsi Kuadrat
Waktu                     : 2 × 45 menit ( 2 x pertemuan )

A.       Kompetensi Inti
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.   Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.  Kompetensi Dasar
2.1   Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerja sama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaaan strategi berpikir dalam memilih dan dan menerapkan strategi  menyelesaikan masalah.
Indikator :
Ø Terlibat aktif dalam pembelajaran fungsi kuadrat.
Ø Bekerjasama dalam kegiatan diskusi kelompok untuk menemukan sketsa fungsi grafik.
Ø Konsisten, disiplin, dan mempunyai rasa percaya diri dalam dalam kegiatan diskusi kelompok untuk menemukan konsep nilai mutlak.
Ø Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.2   Mampu mentransformasi diri dalam menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.

Indikator :
Ø Kritis dan disiplin serta bertanggung jawab dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3   Menunjukkan sikap bertanggungjawab dan rasa ingin tahu.
Indikator :
Bertanggung jawab dan mempunyai rasa ingin tahu dalam melakukan tugas belajar matematika.
3.11. Menganalisis fungsi dan persamaan kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian masalah kontekstual.
Indikator :
Siswa mampu menganalisis fungsi persamaan kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian masalah kontekstual.
4.11. Menggambar dan membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dari masalah nyata berdasarkan data yangditentukan dan menafsirkan karakteristiknya.
Indikator :
Menggambar grafik fungsi kuadrat dengan menggambar  titik-titik yang terletak pada kurva.
C. Materi Matematika 
1.   Materi prasyarat:Menyelesaian persamaan kuadrat
2.  Membuat sketsa grafik fungsi kuadrat.

D. Metode Pembelajaran
·      Pendekatan pembelajaran: saintifik (scientific)
·      Model pembelajaran koperatif : (cooperative learning) tipe Jigsaw.
·      Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi.

E.  Media Pembelajaran
1.    Penggaris, LKS.

F.   Sumber Belajar
1.    Lembar kerja siswa
2.    Buku siswa
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami grafik fungsi kuadrat dihubungkan dengan permasalahan nyata, untuk mendorongrasa ingin tahu, dan keaktifan siswa.
2.    Sebagai apersepsi,siswa diajak untuk mengingat kembali cara menyelesaika persamaan kuadrat dengan mengerjakan soal-soal persamaan kuadrat.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
10 menit
Inti
1.    Guru mengarahkan siswa untuk untuk membentuk kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 4 atau 5 siswa yang heterogen.
2.    Guru memberi permasalahan (materi diskusi), berupa 3 masalah yang berkaitan dengan cara menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat untuk masing-masing kelompok, dimana  setiap siswa dalam kelompok diberi tugas untuk menyelesaikan permasalahan yang berbeda (tahap kooperatif).
3.    Siswa dari masing-masing kelompok yang menyelesaikan permasalahan yang sama berkumpul menjadi satu untuk membentuk kelompok baru yang selanjutnya dan mendiskusikan penyelesaian atas permasalahan yang menjadi tugas mereka (tahap ahli).
4.    Setelah diskusi selesai, maka mereka kembali ke kelompok asal dan semua telah menjadi ahli di bidangnya masing-masing. Masing-masing anggota kelompok menjelaskan tentang permasalahan yang telah diselesaikan pada tahap ahli untuk “diajarkan” kepada teman-teman dalam kelompoknya, sehingga setiap anggota kelompok memahami penyelesaian dari semua permasalahan yang diberikan oleh guru (tahap lima serangkai).
5.    Dengan metode tanya jawab, guru mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan atas penyelesaian dari seluruh permasalahan.
6.    Selanjutnya, guru memberikan 3 soal untuk dikerjakan tiap siswa dan dikumpulkan untuk mengetahui tingkat ketercapaian kompetensi.
70 menit
Penutup
1.    Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari materi pembelajaran.
2.    Guru memberikan tugas (PR) beberapa soal mengenai sketsa grafik fungsi kuadrat.
3.    Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk lebih giat belajar.
10 menit


H. Instrumen Penilaian Hasil belajar
Instrumen Tes tertulis
Gambarlah sketsa grafik fungsi kuadrat berikut:
1.    y = x2 + 4x – 5
2.    y = x2–2x – 3

Keterangan Skor Penilaian Soal : Pencapaian Nilai Maksimal 100 Dari 2 Soal.
No. soal.
Skor soal
1.
50
2.
50
Jumlah
100

Cara Perhitungan:
Nilai yang akan diberikan pada teste dilaksanakan dengan jalan membandingkan antara skor mentah dengan dengan Skor Maksimal Ideal (SMI), yakni :


Sekarbela, 20 Januari 20216


 Nursidrati
Nim. 151 124 024

Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)



Najamuddin. M. Hum
    Nip :197401032007101001

Guru Pamong



Ilham, S.Pd

Kunci Jawaban
1.    y = x2 + 4 x – 5
a.    titik potong dengan sumbu x
0 = x2 + 4 x – 5
(x – 1) (x + 5)
X = 1 atau x =
Titik potong sumbu x adalah (1, 0) dan (- 5, 0)
b.    titik potong dengan y
y = x2 + 4 x – 5
   = 02 + 4. 0 – 5
  =
Titik potong sumbu y adalah ( 0, - 5)
c.    sumbu simetri x =
d.   koordinat titik puncak =  (
=

2.    y = x2 – 2 x – 3
a.    titik potong dengan sumbu x
0 = x2 – 2 x – 3
(x – 3) (x + 1)
X = 3 atau x =
Titik potong sumbu x adalah (3, 0) dan (- 1, 0)
b.    titik potong dengan y
y = x2 – 2 x – 3
   = 02 + 2. 0 – 3
  =
Titik potong sumbu y adalah ( 0, - 3)
c.    sumbu simetri x =
d.   koordinat titik puncak =  (
=

Tidak ada komentar:

Posting Komentar