RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MA Plus Nurul Islam
Kelas/Semester : X/2
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib
Sub pokok : Fungsi Kuadrat
Waktu : 2 × 45 menit ( 2 x
pertemuan )
A. Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif dan pro aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 Memiliki
motivasi internal, kemampuan bekerja sama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaaan strategi berpikir dalam
memilih dan dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
Indikator
:
Ø Terlibat aktif
dalam pembelajaran fungsi kuadrat.
Ø Bekerjasama
dalam kegiatan diskusi kelompok untuk menemukan sketsa fungsi grafik.
Ø Konsisten, disiplin, dan mempunyai rasa percaya diri dalam dalam kegiatan diskusi kelompok
untuk menemukan konsep nilai mutlak.
Ø Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
Indikator
:
Ø Kritis dan disiplin serta bertanggung jawab dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggungjawab dan rasa ingin tahu.
Indikator
:
Bertanggung jawab dan mempunyai rasa ingin tahu dalam melakukan tugas belajar matematika.
3.11. Menganalisis fungsi dan persamaan kuadrat
dalam berbagai bentuk penyajian masalah
kontekstual.
Indikator :
Siswa
mampu menganalisis fungsi persamaan kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian masalah
kontekstual.
4.11. Menggambar dan membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dari
masalah
nyata berdasarkan
data
yangditentukan dan
menafsirkan karakteristiknya.
Indikator
:
Menggambar grafik fungsi kuadrat
dengan menggambar titik-titik yang
terletak pada kurva.
C.
Materi
Matematika
1. Materi
prasyarat:Menyelesaian persamaan kuadrat
2. Membuat sketsa
grafik fungsi kuadrat.
D.
Metode
Pembelajaran
·
Pendekatan pembelajaran: saintifik (scientific)
·
Model pembelajaran koperatif : (cooperative learning) tipe Jigsaw.
·
Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi.
E.
Media
Pembelajaran
1. Penggaris, LKS.
F.
Sumber Belajar
1. Lembar kerja
siswa
2. Buku siswa
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya memahami grafik fungsi kuadrat
dihubungkan dengan permasalahan nyata, untuk mendorongrasa ingin tahu, dan
keaktifan siswa.
2. Sebagai
apersepsi,siswa diajak untuk mengingat kembali cara menyelesaika persamaan
kuadrat dengan mengerjakan soal-soal persamaan kuadrat.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
|
10 menit
|
Inti
|
1. Guru
mengarahkan siswa untuk untuk membentuk kelompok dimana setiap kelompok
terdiri dari 4 atau 5 siswa yang heterogen.
2. Guru memberi
permasalahan (materi diskusi), berupa 3 masalah yang berkaitan dengan cara
menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat untuk masing-masing kelompok,
dimana setiap siswa dalam kelompok
diberi tugas untuk menyelesaikan permasalahan yang berbeda (tahap
kooperatif).
3. Siswa dari
masing-masing kelompok yang menyelesaikan permasalahan yang sama berkumpul
menjadi satu untuk membentuk kelompok baru yang selanjutnya dan mendiskusikan
penyelesaian atas permasalahan yang menjadi tugas mereka (tahap ahli).
4. Setelah
diskusi selesai, maka mereka kembali ke kelompok asal dan semua telah menjadi
ahli di bidangnya masing-masing. Masing-masing anggota kelompok
menjelaskan tentang permasalahan yang telah diselesaikan pada tahap ahli
untuk “diajarkan” kepada teman-teman dalam kelompoknya, sehingga setiap
anggota kelompok memahami penyelesaian dari semua permasalahan yang diberikan
oleh guru (tahap lima serangkai).
5. Dengan metode
tanya jawab, guru mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan atas
penyelesaian dari seluruh permasalahan.
6. Selanjutnya,
guru memberikan 3 soal untuk dikerjakan tiap siswa dan dikumpulkan untuk
mengetahui tingkat ketercapaian kompetensi.
|
70 menit
|
Penutup
|
1. Siswa diminta
untuk membuat rangkuman dari materi pembelajaran.
2. Guru
memberikan tugas (PR) beberapa soal mengenai sketsa grafik fungsi kuadrat.
3. Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk lebih giat belajar.
|
10 menit
|
H. Instrumen Penilaian Hasil belajar
Instrumen Tes tertulis
Gambarlah sketsa grafik fungsi
kuadrat berikut:
1. y = x2 + 4x – 5
2. y = x2–2x – 3
Keterangan Skor Penilaian Soal : Pencapaian Nilai Maksimal 100
Dari 2 Soal.
No. soal.
|
Skor soal
|
1.
|
50
|
2.
|
50
|
Jumlah
|
100
|
Cara Perhitungan:
Nilai yang akan diberikan pada
teste dilaksanakan dengan jalan membandingkan antara skor mentah dengan dengan
Skor Maksimal Ideal (SMI), yakni :
Sekarbela, 20 Januari 20216
Nursidrati
Nim. 151 124 024
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing Lapangan (DPL)
Najamuddin.
M. Hum
Nip :197401032007101001
|
Guru Pamong
Ilham, S.Pd
|
Kunci Jawaban
1.
y = x2 + 4 x – 5
a.
titik potong dengan sumbu x
0 = x2
+ 4 x – 5
(x – 1)
(x + 5)
X = 1
atau x =
Titik
potong sumbu x adalah (1, 0) dan (- 5, 0)
b.
titik potong dengan y
y = x2
+ 4 x – 5
= 02 + 4. 0 – 5
=
Titik
potong sumbu y adalah ( 0, - 5)
c.
sumbu simetri x =
d.
koordinat titik puncak = (
=
2.
y = x2 – 2 x – 3
a.
titik potong dengan sumbu x
0 = x2
– 2 x – 3
(x – 3) (x
+ 1)
X = 3
atau x =
Titik
potong sumbu x adalah (3, 0) dan (- 1, 0)
b.
titik potong dengan y
y = x2
– 2 x – 3
= 02 + 2. 0 – 3
=
Titik
potong sumbu y adalah ( 0, - 3)
c.
sumbu simetri x =
d.
koordinat titik puncak = (
=
Tidak ada komentar:
Posting Komentar