animasi blog
Animasi Blog

baground

Rabu, 13 April 2016

RPP K-13: TRIGONOMETRI 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                        Satuan Pendidikan              : SMA
                                        Kelas/Semester                   : X/2
                                        Mata Pelajaran                    : Matematika - Wajib
                                        Sub Bab                              : Trigonometri
                                        Waktu                                 : 2 × 45 menit

A.    Kompetensi Inti SMA kelas X:
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan,  menganalisis pengetahuan faktual,  konseptual,  prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  persamaan kuadrat,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada persamaan kuadrat sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah,  menalar,  menyaji,  dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan persamaan kuadrat secara mandiri,  dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar
1.1      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.1.Memiliki motivasi inernal, kemampuan kerjasama, konsisten, sikap disiplin, dan sikap toleransi dalam perbedaaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2.Mampu mentransformasikan diri dalam berprilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika
3.16. Mendeskripsikan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut disetiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika
4.14 Menerapkan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.Terlibat secara aktif dalam  proses pembelajaran trigonometri
1.2.Bekerjasama dalam  kegiatan kelompok dan  toleran  terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran trigonometri
2.1.Kritis dan disiplin serta bertanggung jawab dalam melakukan tugas belajar
matematika.
3.16.Menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut disetiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika
4.11. Menggambar dan membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dari masalah nyata
berdasarkan data yang ditentukan dan menafsirkan karakteristiknya.
C.    Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran trigonometri ini diharapkan siswa:
1.      Mampu Terlibat secara aktif dalam  proses pembelajaran trigonometri
2.      Mampu Bekerjasama dalam  kegiatan kelompok dan  toleran  terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran trigonometri.
3.      Kritis dan disiplin serta bertanggung jawab dalam melakukan tugas belajar matematika.
4.      Siswa mampu Mendeskripsikan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut disetiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika
5.      Menggambar dan membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dari masalah nyata berdasarkan data yangditentukan dan menafsirkan karakteristiknya.
D.    Materi Matematika
·         Materi Pokok: identitas trigonometri
E.     Model/Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran        : Problem-Based Learning (PBL)
Pendekatan pembelajaran : Pendekatan saintifik (scientific).
Metode Pembelajaran      : Pemecahan Masalah, Diskusi, Tanya jawab.
F.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Komunikasi
1. Memimpin doa
2. Mengecek kehadiran siswa
3. Apersepsi
·         Guru memotivasi siswa.
10 menit
Inti
1.      Mengamati
·      Guru mengajukan masalah  yang tertera pada Lembar Aktivitas Kegiatan Siswa  yang disediakan.
·      Guru meminta siswa mengamati dan memahami masalah secara individu dan mengajukan hal-hal yang belum dipahami terkait masalah yang disajikan.
2.      Menanya.
·         Guru mempersilahkan siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
·         Siswa termotivasi menanyakan bagaimana memilih strategi untuk menyelesaikan identitas trigonometri.
3.      Mengumpulkan informasi
·         Guru menjelaskan tentang strategi untuk menyelesaikan identitas trigonometri.
·         Peserta didik mengamati dan menyelesaikan permasalahan yang diberikan.
4.      Mengorganisasikan
·      Meminta siswa membentuk kelompok heterogen
·      Membagikan Lembar Aktivitas Kegiatan  Siswa  yang berisikan masalah
·      Guru berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan berbagai kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami.
·      Guru memberi bantuan  berkaitan kesulitan yang dialami siswa baik secara individu, kelompok, maupun  klasikal.
·      Mendorong siswa agar bekerja sama dalam kelompok.
5.      Mengkomunikasikan.
·      Guru meminta perwakilan 2 atau 3 orang dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka di depan kelas
·      Guru meminta siswa dari kelompok lain untuk menanggapi, mengajukan pertanyaan, saran dan sebagainya dalam rangka penyempurnaan.
·      Guru mendorong siswa untuk menghargai pendapat teman/kelompok lain
70 menit
Penutup
1.      Guru meminta tiap kelompok untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya
2.      Guru mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan pembelajaran hari ini
3.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan memberi salam
10 menit
G.    Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.      Buku Matematika X
2.      Lembar Aktivitas Kegiatan Siswa
H.    Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Tes tertulis
Buktikan identitas trigonometri berikut :
a.        =
b.     
c.      
Keterangan Skor Penilaian Soal : Pencapaian Nilai Maksimal 100 Dari 3 Soal.
No. soal.
Skor soal
1.
35
2.
30
3.
35
Jumlah
100

Cara Perhitungan:
Nilai yang akan diberikan pada teste dilaksanakan dengan jalan membandingkan antara skor mentah dengan dengan Skor Maksimal Ideal (SMI), yakni :

Sekarbela, 22 Februari 2016
Mahasiswi PPL



Nursidrati
Nim. 151 124 024

Mengetahui,
Dosen Pembimbing lapangan (DPL)



Najamuddin. M. Hum
     Nip :197401032007101001

Guru Pamong



Ilham, S.Pd

Kunci Jawaban
1.     
 
 
 
 
 
2.     
 
 
 
3.     
 
 
 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar