animasi blog
Animasi Blog

baground

Rabu, 13 April 2016

RPP K-13: TRIGONOMETRI 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                Satuan Pendidikan       : SMA
                                Kelas/Semester             : X/2
                                Mata Pelajaran             : Matematika - Wajib
                                Sub Bab                       : Trigonometri
                                Waktu                         : 2 × 45 menit

A. Kompetensi Inti SMA kelas X:
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.   Memahami, menerapkan,  menganalisis pengetahuan faktual,  konseptual,  prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  persamaan kuadrat,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada persamaan kuadrat sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah,  menalar,  menyaji,  dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan persamaan kuadrat secara mandiri,  dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.  Kompetensi Dasar
1.1     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.1.             Memiliki motivasi inernal, kemampuan kerjasama, konsisten, sikap disiplin, dan sikap toleransi dalam perbedaaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2.             Mampu mentransformasikan diri dalam berprilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belaar matematika
3.16. Mendeskripsikan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut disetiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.17. Mendeskripsikan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisisgrafik fungsinyasertamenentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut- sudut istimewa.
4.14. Menerapkan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah.
4.15. Menyajikan grafik fungsi trigonometri.
Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.1.Siswa Terlibat secara aktif dalam  proses pembelajaran trigonometri
1.2.              Siswa Bekerjasama dalam  kegiatan kelompok dan  toleran  terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran trigonometri
2.1. Siswa Kritis dan disiplin serta bertanggung jawab dalam melakukan tugas belajar
matematika.
3.16. Mendeskripsikan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut
disetiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika.
3.17. Menganalisis grafik  Fungsi serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari
sudut- sudut istimewa.
4.14. Siswa Mengetahui bagaimana Menerapkan perbandingan trigonometri dalam
menyelesaikan masalah.
4.15. Siswa mengetahui bagaimana menggambar dan Menyajikan grafik fungsi trigonometri.
C. Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran trigonometri ini diharapkan siswa:
1.    Mampu Terlibat secara aktif dalam  proses pembelajaran trigonometri
2.    Mampu Bekerjasama dalam  kegiatan kelompok dan  toleran  terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran trigonometri.
3.    Kritis dan disiplin serta bertanggung jawab dalam melakukan tugas belajar matematika.
4.    Siswa mampu  Mendeskripsikan dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut disetiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika.
5.    Menganalisis grafik  Fungsi serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari  sudut- sudut istimewa.
6.    Siswa Mengetahui bagaimana Menerapkan perbandingan trigonometri dalam  menyelesaikan masalah.
7.    Mampu menggambar dan Menyajikan grafik fungsi trigonometri
D. Materi Matematika
a.    Materi Pokok: penerapan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari
E.  Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran : Pendekatan saintifik (scientific).
Metode Pembelajaran : Inquiri, Tanya jawab.
F.  Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Komunikasi
·    meminta siswa untuk keluar ruangan dan belajar di alam terbuka.
·    Meminta ketua kelas untuk memimpin doa
·    Memotivasi siswa
·    Memberitahukan tujuan pembelajaran serta manfaat pembelajaran yang akan berlangsung.
10 menit
Inti
1.      Mengamati
·      Guru mengajukan masalah  yang ada di sekitar kita.
·      Guru meminta siswa mengamati pohon serta bagaimana cara mengetahui tinggi pohon tersebut.
2.      Menanya.
·         Guru mempersilahkan siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
·         Siswa termotivasi menanyakan bagaimana cara mengukur tinggi pohon.
3.      Mengumpulkan informasi
·         Guru menjelaskan bagaimana cara mengukur tinggi pohon dengan menggunakan ilmu trigonometri.
·         Guru memilih salah satu murid untuk memperhatikan titik puncak pohon dan menentukan sudut elevasi yang didapatkan dari pengamatannya.
4.      Mengorganisasikan
·      Meminta siswa membentuk kelompok heterogen yang terdiri dari dua orang dalam satu kelompok.
·         Memberikan masalah kepada siswa yaitu berapa tinggi pohon yang diamati temannya.
·      Guru berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan berbagai kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami.
·      Guru memberi bantuan  berkaitan kesulitan yang dialami siswa baik secara individu, kelompok, maupun  klasikal.
·      Mendorong siswa agar bekerja sama dalam kelompok.
5.      Mengkomunikasikan.
·      Guru meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka di depan kelas
·      Guru meminta siswa dari kelompok lain untuk menanggapi, mengajukan pertanyaan, saran dan sebagainya dalam rangka penyempurnaan.
·      Guru mendorong siswa untuk menghargai pendapat teman/kelompok lain
70 menit
Penutup
1.    Guru meminta tiap kelompok untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya
2.    Guru mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan pembelajaran hari ini
3.    Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan memberi salam
10 menit

G. Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.    Buku Matematika X
2.    Lembar Aktivitas Kegiatan Siswa
H. Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Tes tertulis
  1. Andi berdiri 8 m dari sebuah pohon. Ia melihat puncak tersebut sehingga membentuk sudut 45o dan di arah berlawanan ternyata  Rudi melakukan hal yang sama dengan berdiri 6 m dari pohon tersebut. Diketahui tinggi andi dan rudi adalah 120 cm dan 160 cm. Tentukan:
a.    Tinggi pohon.
b.    Sudut yang terbentuk saat rudi melihat puncak pohon
  1. Suatu pesawat terbang mendatar dengan ketinggian 750 m dari permukaan laut(dpm). Dibawahnya terdapat sebuah menara pengawas, jika diketahui sudut depresi pesawat terhadap menara adalah 60o . Tentukan jarak horizontal pesawat ke menara!

Keterangan Skor Penilaian Soal : Pencapaian Nilai Maksimal 100 Dari 2 Soal.
No. soal.
Skor soal
1.
60
2.
40
Jumlah
100

Cara Perhitungan:
Nilai yang akan diberikan pada teste dilaksanakan dengan jalan membandingkan antara skor mentah dengan dengan Skor Maksimal Ideal (SMI), yakni :
 

Sekarbela, 28 Februari 2016
Mahasiswi PPL



Nursidrati
Nim. 151 124 024

Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)



Najamuddin. M. Hum
     Nip :197401032007101001

Guru Pamong



Ilham, S.Pd

Kunci Jawaban

1.     


 
v  Pohon terhadap rudi
          9,2m – 1,6 m =  7,6
\


Jadi tinggi pohon tersebut adalah = t + tinggi badan Andi
                                            = 8 + 1, 2 m
                                            = 9, 2 m
2.     


 




             Jadi jarak horizontal peasawat tersebut ke menara adalah 750 m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar