animasi blog
Animasi Blog

baground

Rabu, 13 April 2016

RPP K-13 : TRIGONOMETRI 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan         : MA Nurul Islam
Kelas/Semester               : X/2
Mata Pelajaran               : Matematika - Wajib
Sub Bab                                     : Trigonometri
Waktu                            : 2 × 45 menit

A.    Kompetensi Inti SMA kelas X:
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan,  menganalisis pengetahuan faktual,  konseptual,  prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  trigonometri,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada trigonometri  sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah,  menalar,  menyaji,  dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan Trigonometri secara mandiri,  dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar
1.1      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.1.Memiliki motivasi inernal, kemampuan kerjasama, konsisten, sikap disiplin, dan sikap toleransi dalam perbedaaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2.Mampu mentransformasikan diri dalam berprilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belaar matematika
3.14.    Mendeskripsikan konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku melalui penyelidikan dan diskusi tentang hubungan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga siku- siku sebangun.
3.15.    Menemukan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
4.14.Menerapkan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah.

Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.      Terlibat secara aktif dalam  proses pembelajaran trigonometri
2.      Bekerjasama dalam  kegiatan kelompok dan  toleran  terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran Trigonometri
3.      Kritis dan disiplin serta bertanggung jawab dalam melakukan tugas belajar matematika.
4.      Siswa memahami perbandingan Trigonometri melalui sugitiga siku-siku.
5.      Siswa mengetahui sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
C.    Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran Trigonometri ini diharapkan siswa:
1.      Mampu Terlibat secara aktif dalam  proses pembelajaran Trigonometri
2.      Mampu Bekerjasama dalam  kegiatan kelompok dan  toleran  terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran Trigonometri.
3.      Kritis dan disiplin serta bertanggung jawab dalam melakukan tugas belajar matematika.
4.      Mampu memahami perbandingan Trigonometri melalui sugitiga siku-siku.
5.      Mampu mengetahui sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
D.    Materi Matematika
·         Perbandingan Trigonometri di berbagai Kuadran
Perbandingan Trigonometri
Sudut di Kuadran
I
II
III
IV
Sin
Cos
Tan
Cosec
Sec
Cot

·         Rumus perbandingan Trigonometri sudut Berelasi
o   Sudut di kuadran I
o   Sudut di kuadran II
o   Sudut di kuadran III
o   Sudut di kuadran IV
E.     Model/Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran        : kooperatif Learning.
Pendekatan pembelajaran : Pendekatan saintifik (scientific).
Metode Pembelajaran      : LPN (lempar pertanyaan pada nomor), Tanya jawab dan Resitasi.
F.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru mengucapkan salam
·         Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
·         Guru menyuruh ketua kelas untuk memimpin do’a sebelum belajar
·         Guru memberi motivasi mengenai kesuksesan
·         Guru bertanya kepada siswa tentang materi yang kemarin.
10 menit
Inti
Mengamati :
a.       siswa diminta untuk mengamati materi tentang trigonometri yang ada di LKS.
b.      Siswa memperhatikkan dengan seksama apa yang tertera di LKS
Menanya :
a.       Siswa diberi stimulus untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.
Mengumpulkan informasi :
a.       Guru menjelaskan materi tentang perbandingan trigonometri dan rumus perbandingan trigonometri sudut berelasi.
b.      Siswa memperhatikkan apa yang dijelakan guru.
Mengasosiasi :
a.       Guru membagi siswa kedalam dua kelompok
b.      Guru memberikan nomor kesetiap siswa
c.       Guru meminta setiap kelompok untuk menuliskan minimal 3 pertanyaan tentang materi yang di ajarkan untuk kelompok lain.
d.      guru menukar pertanyaan dari masing-masing kelompok untuk diberikan kekelompok lawan.
e.       Guru memilih salah satu pertanyaan dari kelompok dua untuk di jawab oleh kelompok satu dan yang menjawab soal tersebut adalah nomor yang sudah diacak.
f.       Guru memberikan reward kepada siswa yang berhasil menjawab dengan benar dan jika siswa tersebut tidak berhasil menjawab, maka akan dikasih hukuman yaitu utnuk mengerjakan soal tambahan yang ada di LKS.
g.      Guru memilih salah satu pertanyaan dari kelompok satu untuk di jawab oleh kelompok dua dan yang menjawab soal tersebut adalah nomor yang sudah diacak.
h.      Guru memberikan reward kepada siswa yang berhasil menjawab dengan benar dan jika siswa tersebut tidak berhasil menjawab, maka akan dikasih hukuman yaitu untuk mengerjakan soal tambahan yang ada di LKS.
i.        Guru mengulangi langkah E dan F sampai waktu yang ditentukan selesai.
70 menit
Penutup
1.      Guru memberikan tugas rumah ke siswa.
2.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan memberi salam.
10 menit

G.    Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.      Buku Matematika X
2.      Lembar Aktivitas Kegiatan Siswa





H.    Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Tes tertulis
1.      Perhatikan gambar dibawah ini:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiD3wup_bc0hSijScKXcrhqs1aWM9hyP45sWrdri6wC5D8hn7FNBGuF-7MARPV91TETmVP4b6HPjt2Eqiu_fLz-B1UBPx_1PKv2GM4hNRC0Bh81aJZ5jo-f6wYJgZZHdrWO_fFKMMhWN4Wg/s1600/contoh+3.gif
Pada Gambar diatas, titik Q(-5, 12) Tentukanlah! 
a.       Panjang OQ
b.      Nilai sin, cos, tan, cosec, sec dan cotan
2.      Tentukan nilai perbandingan trigonometri untuk …
a.       sin 210°
b.      tan 300°
c.       cos 135°

Keterangan Skor Penilaian Soal : Pencapaian Nilai Maksimal 100 Dari 2 Soal.
No. soal.
Skor soal
1.
50
2.
50
Jumlah
100

Cara Perhitungan:
Nilai yang akan diberikan pada teste dilaksanakan dengan jalan membandingkan antara skor mentah dengan dengan Skor Maksimal Ideal (SMI), yakni :






Sekarbela, 17 Februari 2016
Mahasiswi PPL



Nursidrati
Nim. 151 124 024

Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)



Najamuddin. M. Hum
    Nip :197401032007101001

Guru Pamong



Ilham, S.Pd



Kunci Jawaban
1.      Di ketahui  titik Q(-5, 12), maka tentukanlah:
a.       Panjang OQ
                  Jawab:
                        r =
                           =
                           =
                           =
                           = 13
Jadi panjang OQ adalah 13
b.      Nilai
·         =  =
·        = =
·         =  =
2.  jawaban :
·         sin  =
·          tan 300° =
·         cos 135° =  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar