animasi blog
Animasi Blog

baground

Rabu, 13 April 2016

RPP K-13: PERSAMAAN KUADRAT



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : MA
Mata Pelajaran                   : Matematika-Wajib
Kelas/Semester                   :X/2
Materi Pokok           : Persamaan Kuadrat
Waktu                      : 2 x 45 menit ( 2 x pertemuan )

1.   Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(gotomg royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kenamgsaan, kenegaraan dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spsesifik sesuai deangan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari disekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
2.   Kompetensi Dasar
1.1.Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.1.             Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2.             Mampu mentransformasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3.             Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.10. Mendeskripsikan persamaan fungsi kuadrat, memilih strategi, dan menerapkan untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat serta memeriksa kebenaran jawabannya.
4. 9. Mengidentifikasi dan menerapkan konsep fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyatadan menjelaskannyasecaralisan dan tulisan.
4. 10. Menyusun model matematika dari masalah yangberkaitan dengan persamaan dan fungsikuadrat dan menyelesaikan serta memeriksa kebenaran jawabannya.

3.   Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Terlibat secara aktif dalam  proses pembelajaran Persamaan kuadrat
2.    Bekerjasama dalam  kegiatan kelompok dan  toleran  terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran Persamaan dan fungsi kuadrat.
3.    Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara menfaktorkan
4.    Terampil dalam menyelesaikan persamaan kuadrat dan menjelasakannya secara lisan dan tertulis.
5.    Mengidentifikasi dan menerapkan konsep fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskanya secara lisan dan tulisan.
4.   Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran persamaan kuadrat ini diharapkan siswa:
1.    Mampu aktif dalam proses pembelajaran kuadrat.
2.    Siswa mampu bekerjasama dalam  kegiatan kelompok dan  toleran  terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran Persamaan dan fungsi kuadrat.
3.    Siswa mampu menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara menfaktorkan
4.    Terampil dalam menyelesaikan persamaan kuadrat dan menjelasakannya secara lisan dan tertulis.
5.    Siswa mampu Mengidentifikasi dan menerapkan konsep fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskanya secara lisan dan tulisan.

3.     Materi Pembelajaran
1.          Persamaan Kuadrat
2.          Menentukan akar-akar persamaan kuadrat
4.     Metode/Model Pembelajaran
Metode pembelajaran : diskusi kelompok
Pendekatan               : scientific
Model Pembelajaran   :Diskusi kelompok, Tanya jawab, penugasan.
5.     Media Pembelajaran
Bahan tayang, lembar kerja siswa, lembar penilaian

6.     Sumber Belajar
Buku siswa, buku guru, dan referensi lain
7.     Langkah-langkah Pembelajaran
1.  Kegiatan Awal ( Alokasi Waktu : 10 menit )
a.    Guru mengucapkan salam kepada siswa sebagai pembuka proses pembelajaran, selanjutnya menanyakan kabar peserta didik, dengan mengucapkan ucapan “ Bagaimana kabar kalian hari ini, apa sudah siap untuk belajar hari ini”?
b.    Membimbing siswa berdoa.
c.    Memberi motivasi siswa.
d.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Contoh: “hari ini kita akan belajar tentang persamaan kuadrat”
2. Kegiatan inti ( Alokasi Waktu : 60 menit )
a.   Mengamati.
1)     Peserta didik diberikan stimulus oleh guru mengenai persamaan kuadrat.
2)    Secara klasikal siswa mengamati dan mencermati ciri-ciri persamaan kuadrat.
b.  Menanya
1)     Siswa didorong untuk mengajukan  pertanyaan terkait hal-hal yang diamati atau dicermati. Dalam hal ini Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.
2)    Siswa termotivasi menanyakan bagaimana memilih strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat.
c.  Mengumpulkan informasi
1)     Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada berbagai ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan kuadrat
2)    Guru menjelaskan tentang strategi untuk menyelesaikan persamaan kuadrat
3)     Peserta didik mengamati dan menyelesaikan permasalahan yang diberikan.
d.  Mengasosiasikan
1)     Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok yang heterogen.
2)    Masing-masing kelompok membahas pertanyaan yang berbeda berdasarkan masalah yang telah disiapkan oleh guru.
3)     Masing-masing kelompok mendiskusikan masalah yang temanya berdasarkan materi tugas yang dibagikan.
e.   Mengkomunikasikan.
1)     Masing-masing kelompok melaporkan secara tertulis hasil diskusi
2)    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
3)     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pamahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.  Kegiatan Akhir
a.    Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.    Siswa diberi penguatan agar belajar lebih giat lagi dan meminta siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
c.    Guru membimbing siswa berdoa setelah kegiatan pembelajaran selesai.

8.     Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Tes tertulis
1.    Tentukan penyelesaian persamaan kuadrat x -16=0
2.    Tentukan penyelesaikan persamaan kuadrat x - 2x-8=0
3.    Jika x1 dan x2 merupakan akar-akar persamaan 3x212 x – 2 = 0. Tentukan nilai x1 + x2 dan x  . x
Catatan:
Penskoran bersifat holistik dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi juga proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, komunikasi matematis (ketepatan penggunaan simbol dan istilah), penalaran (logis), serta ketepatan strategi memecahkan masalah.


                                                                       Sekarbela, 13 Januari 2016
                                                Mahasiswi PPL
                                                                     


Nursidrati
Nim. 151 124 024

Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)



Najamuddin. M. Hum
Nip :197401032007101001

Guru Pamong



Ilham, S.Pd


Kunci Jawaban
1.    x -16 =  0
(x – 4) (x + 4)
(x – 4) = 0 atau ( x + 4) = 0
X = 4 dan x = - 4
2.    x -2 x+8 =  0
(x – 4) = 0 atau ( x + 2 ) = 0
X = 4 atau x = - 2
3.    3x -12 x-2 =  0
a.    x1 + x2 =  -b/c = 12/3=4
b.   x1 . x2 = c/a= (-2)/3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar