animasi blog
Animasi Blog

baground

Rabu, 13 April 2016

RPP K-13 : UKURAN SUDUT DAN DERAJAT



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    : MA Nurul Islam
Kelas/Semester                   : X/2
Mata Pelajaran                   : Matematika - Wajib
Sub Bab                            : Trigonometri
Waktu                      : 2 × 45 menit (2 x pertemuan)

A. Kompetensi Inti SMA kelas X:
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.   Memahami, menerapkan,  menganalisis pengetahuan faktual,  konseptual,  prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  persamaan kuadrat,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada persamaan kuadrat sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah,  menalar,  menyaji,  dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan persamaan kuadrat secara mandiri,  dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.  Kompetensi Dasar
1.1     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.1.             Memiliki motivasi inernal, kemampuan kerjasama, konsisten, sikap disiplin, dan sikap toleransi dalam perbedaaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2.             Mampu mentransformasikan diri dalam berprilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belaar matematika
3.14.    Mendeskripsikan konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku melalui penyelidikan dan diskusi tentang hubungan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga siku- siku sebangun.
3.15.    Menemukan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
4.14 Menerapkan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan masalah.
Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.1.Terlibat secara aktif dalam  proses pembelajaran trigonometri
1.2.              Bekerjasama dalam  kegiatan kelompok dan  toleran  terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran Trigonometri
1.3.Kritis dan disiplin serta bertanggung jawab dalam melakukan tugas belajar matematika.
3.14.    Mendeskripsikan konsep perbandingan trigonometri padasegitiga siku-siku melalui penyelidikan dan diskusi tentanghubunganperbandingan sisi-sisi yangbersesuaian dalambeberapasegitigasiku- siku sebangun.
3.15.    Menemukan sifat-sifat dan hubunganantar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
4.14. siswa menggunakan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikkan masalah.
C. Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran persamaan kuadrat ini diharapkan siswa:
1.    Mampu Terlibat secara aktif dalam  proses pembelajaran Trigonometri
2.    Mampu Bekerjasama dalam  kegiatan kelompok dan  toleran  terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif dalam pembelajaran Trigonometri.
3.    Kritis dan disiplin serta bertanggung jawab dalam melakukan tugas belajar matematika.
4.    Mampu Mendeskripsikan konsep perbandingan trigonometri padasegitiga siku-siku melalui penyelidikan dan diskusi tentanghubunganperbandingan sisi-sisi yangbersesuaian dalambeberapasegitigasiku-siku sebangun.
5.    Mampu Menemukan sifat-sifat dan hubunganantar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku- siku.
D. Materi Matematika
·        Trigonometri
o   Pengertian trigonometri
o   Manfaat dan tujuan mempelajari Trigonometri
o   Ukuran sudut
o   Ukuran sudut dalam Derajat
o   Ukuran sudut dalam Radian.
E.  Model/Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran   : Realistic Matematic Education ( RME )
Pendekatan pembelajaran : Pendekatan saintifik (scientific).
Metode Pembelajaran : Penemuan terbimbing, Diskusi kelompok, Tanya jawab dan
penugasan.
F.  Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Komunikasi
1.   Mengucapkan salam
2.  Memimpin doa
3.   Mengecek kehadiran siswa
Apersepsi
1.    Guru memotivasi siswa melalui memberikan pelajaran hidup yang bisa di ambil dari jari-jari tangan.
10 menit
Inti
Mengamati :
·         Guru memberi stimulus agar siswa mengamati tiap-tiap titik yang ada dalam ruang kelas.
·         Siswa diminta untuk mengamati LKS yang dibagikan.
Menanya :
·         Memberi stimulus kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
·         Siswa termotivasi dalam mencari tahu serta menanyakan apa yang belum dimengerti.
Mengumpulkan informasi:
·         Guru menjelaskan pengertian dan manfaat belajar Trigonometri dalam kehidupan sehari-hari.
·         Guru menjelaskan bahwa titik-titik tersebut dinamakan sudut.
Mengorganisasikan :
·         Guru membagi siswa kedalam dua kelompok yang heterogen.
·         Tiap kelompok diberikan materi yang berbeda untuk di diskusikan.
·         Tiap kelompok mendiskusikan materi yang diberikan bersama teman-teman kelompoknya.
·         Siswa di harapkan bertanya jika ada materi yang belum dipahami.
·         Guru menjelaskan dan membimbing kelompok yang mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diberikan.
·         Mendorong siswa agar bekerja sama dalam kelompok.
Mengkomunikasikan:
·         Guru meminta perwakilan 2 atau 3 orang dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi  kelompok mereka di depan kelas.
·         Guru meminta siswa dari kelompok lain untuk menanggapi, mengajukan pertanyaan, saran dan sebagainya dalam rangka penyempurnaan.
·         Guru mendorong siswa untuk menghargai pendapat teman/kelompok lain.
70 menit
Penutup
1.    Guru mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan pembelajaran hari ini
2.    Guru memberika tugas rumah kepada siswa.
3.    Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan memberi salam.
10 menit

G. Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.    Buku Matematika X
2.    Lembar Aktivitas Kegiatan Siswa
H. Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Tes tertulis
1.    Nyatakan sudut-sudut dibawah ini ke dalam radian!
a.    50°
b.    89°
c.    300
d.   2400
e.    1200
2.      Nyatakan kedalam bentuk derajat
a.  3 rad
b.  3/5 π rad
c.  2/3 π rad
3.      Ubahlah dalam bentuk radian.
·         2 putaran
·         1/3  putaran
·         10/10  putaran
4.      Nyatakan 20,13o kedalam bentuk derajat menit detik!
5.      Nyatakan 20o50’30” kedalam bentuk derajat.

Keterangan Skor Penilaian Soal : Pencapaian Nilai Maksimal 100 Dari 5 Soal.
No. soal.
Skor soal
1.
20
2.
20
3.
20
4.
20
5.
20
jumlah
100

Cara Perhitungan:
Nilai yang akan diberikan pada teste dilaksanakan dengan jalan membandingkan antara skor mentah dengan dengan Skor Maksimal Ideal (SMI), yakni :

Sekarbela, 10 Februari 2016


Nursidrati
Nim. 151 124 024

Mengetahui,
DPL



Najamuddin. M. Hum
     Nip :197401032007101001

Guru Pamong



Ilham, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar