animasi blog
Animasi Blog

baground

Kamis, 03 Desember 2015

PEMANFA'ATAN REMPAH-REMPAH UNTUK KECANTIKAN



BAB I

PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG
Seiring perkembangan zaman dan berkembangnya teknologi yang canggih segala urusanpun lebih muda di kerjakan baik dalam masalah iptek ataupun cara dalam pengobatan itu semua tidak terlepas dari pengaruh teknologi.
Misalnya pada zaman sekarang banyak alternatif lain yang di gunakan oleh para dokter dalam mengobati pasiennya yaitu seperti menggunakan obat-obat yang mengandung bahan kimia.Tak jarang dokterpun mengambil langkah seperti itu agar cepat dalam proses penyembuahannya.Akan tetapi di balik obat tersebut memiliki efek yang cukup tinggi yang bisa saja merusak salah satu organ atupun lainnya.Cara itu pun harus kita hindari selain biayanya mahal akan tetapi dampaknya cukup berat.
Perkembangan teknologi seperti itu mungkin hanya berkembang di perkotaan saja ataupun hanya sebagian kecil yang berkembang di pedesaan karna di pedesaan masih menggunakan obat-obat tradisianal dalam mengambil langkah untuk mengobati kerabatnya yang lagi sakit,Pengobatan untuk kesehatan memang sangat penting agar kesehatan normal kembali tanpa ada satu penyakit pun di dalam tubuh.
Tetapi Anda harus memilih pengobatan yang tepat karena tidak semua obat akan memberikan dampak positif terus menerus bagi tubuh. Pada dasarnya obat-obatan dari dokter mengandung bahan-bahan kimia,mulailah beralih untuk mengonsumsi obat tradisional. Obat tradisional tidak sulit untuk ditemukan karena berasal dari alam. Obat tradisional juga tidak menyebabkan efek samping.Anda akan menemukan banyak manfaat dari obat tradisional






B.     RUMUSAN MASALAH
Dalam laporan ini ada beberapa rumusan masalah yang di ambil yaitu :
1.      Bagaimana cara mengatasi tubuh agar terlepas dari bau keringat ?
2.      Apa sajakah khasiat dari obat-obat tradisianal ?
3.      Apa saja kegunaan obat tradisional bagi kesehatan ?
C.   TUJUAN
Adapun yang menjadi tujuan dari pembuatan obat ini adalah :
1.      Untuk mengetahui cara mengatasi tubuh agar terlepas dari bau keringat.
2.      Untuk mengetahui khasiat dari obat-obat tradisional.
3.      Untuk mengetahui kegunaan dari obat-obat tradisional.
                    













BAB II
PEMBAHASAN
CANTIK ALAMI DENGAN
MENGGUNAKAN OBAT TRADISIONAL

A.    LANDASAN TEORI
Kecantikan wajah dan kulit adalah sesuatu yang diharapkan oleh banyak wanita. Tapi alangkah lebih indahnya jika kita menggunakan tips kecantikan secara alami, karena walaupun hasil yang didapat lebih lama tapi hasilnya sepadan.
Untuk selalu mendapatkan kesehatan yang prima dan mempertahankan agar wajah tetap terlihat menarik merupakan impian semua orang. Berbagai resep dengan memanfaatkan berbagai obat tradisional mungkin sudah sering didengar. Dengan memanfaatkan buah-buahan, daun-daunan atau hal lain yang umum dijumpai di dapur sebagai bumbu masak atau pelengkap masakan, ternyata dapat pula dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan. Khasiatnya sudah dapat dibuktikan selama beberapa generasi.
Obat tradisional yang di gunakan dalam percobaan ini adalah   
v  Kunyit Khasiat Lengkap Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan Dalam tanaman kunyit terkandung senyawa kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin serta zat- zat manfaat lainnya, seperti mnyak asiri volatil oil, lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, zat besi, fosfor, dan kalsium, Penyakit Yang Dapat Diobati oleh Kunyit adalah kunyit dapat mengobati beragam penyakit seperti diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan, Haid tidak lancar, Perut mulas saat haid, Amandel dan Memperlancar asi, tak hanya itu, kunyit ternyata juga dapat mengatasi penyakit Alzheimer, yaitu sejenis penyakit pikun yang umum terjadi pada manusia yang mulai memasuki usia tua dimana kondisi fisik otaknya mulai menurun[1].

                                               
                                                      Kunyit
v  Bunga pancan,bunga pancan ini termasuk salah satu obat tradisional yang berfungsi untuk menghaluskan kulit.
v  Temulawak adalah sauatu tanaman tradisional yang bisa bisa hidup di dataran rendah dan berfungsi untuk mencegah penyakit hati,menambah nafsu makan dan dapat membersihakan darah yang kotor
                                       Temulawak
v  .Jahe adalah suatu tanaman yang bisa hidup di daerah tropis yang di gunakan untuk meredakan masuk angin[2].
                                      
                                                Jahe
v  Cengkeh adalah tanaman asli dari Indonesia yan g di gunakan untuk pestisida nabati dan efektif untuk mengendalikan penyakit busuk batang.
        Cengkeh.
v  Madu, madu sangat baik bagi kesehatan karena mengandung berbagai macam unsur nutrisi alami yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bahkan, kandungan nutrisi yang terdapat dalam madu sudah dimanfaatkan sejak jaman mesir kuno sebagai obat dan bahan kecantikan dan selain itu madu juga berfungsi untuk menambah tenaga dan mencegah penyakit.
Setelah dilakukan penelitian terhadap kandungan kimia yang terdapat pada madu dan berbagai macam manfaatnya, bisa dijelaskan secara ringkas keistimewaan pengobatanmenggunakan madu dari penyakit- penyakit yang menimpa tubuh manusia. Berikut ini penjelasannya.
1.      Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung
2.      Mengurangi dan mengobati jerawat dan gangguan pencernaan.
3.      Anti bakteri dan Anti Jamur
4.      Meningkatkan Stamina
5.       Meredakan batuk dan iritasi tenggorakan
6.      Mengandung 5 Element Seimbang[3]

  • Temugiring merupakan tanaman semak, berbatang semu, berumbi batang, dengan tinggi kurang lebih 2m. Daun tunggal, tepi daun rata, ujung dan pangkal daun runcing, daun menyirip dan berwarna hijau muda. Rimpang berwarna kuning jeruk dan rasanya sangat pahit, munculnya di dalam tanah dan kanan kiri umbi, batang rimpang tumbuh memanjang dari kedua samping umbi batang. Akar berbentuk serabut dan berwarna kuning kotor. temu giring mempunyai kandungan kimia antara lain: kurkumin, minyak astiri, saponin, piperazin sitrat, amilun, lemak dan flavonoid khasiat dan manfaat dari temu giring: menambah nafsu makan, menurunkan kolesterol, meningkatkan stamina, menghaluskan kulit, Mengangkat sel-sel kulit mati, Mengatasi penyakit kulit.
                                       
                                           Temugiring
Pengobatan untuk kesehatan memang sangat penting agar kesehatan normal kembali tanpa ada satu penyakit pun di dalam tubuh. Tetapi Anda harus memilih pengobatan yang tepat karena tidak semua obat akan memberikan dampak positif terus menerus bagi tubuh. Pada dasarnya obat-obatan dari dokter mengandung bahan-bahan kimia, mulailah beralih untuk mengonsumsi obat tradisional.Obat tradisional tidak sulit untuk ditemukan karena berasal dari alam. Obat tradisional juga tidak menyebabkan
efek samping. Anda akan menemukan banyak manfaat dari obat tradisional karna selain mudah di dapat khasiatnya juga sangat bermanfa’at bagi kesehatan tubuh.[4]


B.     ALAT DAN BAHAN.
1.      Alat.
a.       Saringan
b.      Sendok
c.       Pisau
d.      Baskom
e.       Parutan
f.       panci
g.      Gelas
h.      Piring
i.        kompor
2.      Bahan
a.       Bungan pancar
b.      Kunyit
c.       Tamulawak
d.      Jahe
e.       Air
f.       Madu
g.      Santan
h.      Kuning telur
i.        Tamugiring
j.        Cabe jawa
k.      Merica
C.     CARA PEMBUATAN
1.      Menyiapkan alat dan bahan yang di gunakan.
2.      Mencuci semua bahan yang di gunakan
3.      Memarut kelapa kemudian memerasnya menjadi santan.
4.      Menyarin santan kelapa agar terpisah dengan ampasnya,disini hanya menggunakan sedikit air atau santan kelapa,biar rempah-rempahnya terasa.
5.      Memasak santan.
6.      Membagi dua semua bahan.
7.      Memanaskan wajan untuk menggoreng setengah dari semua bahan yang ada,dalam penggorengan ini tidak memerlukan minyak cukup menggoreng bahan itu saja.
8.      Menggoreng setengah dari semua bahan secara bersamaan.
9.      Mengangkat bahan yang sudah matang dan mendinginkannya.
10.  Mengulek setengan dari sisa bahan yang di goreng
11.   Mengulek bahan yang sudah di goreng.
12.  Mencampurkan bahan yang di ulek baik yang di goreng maupun yang tidak di masak dan mengambil sarinya saja.
13.  Menyaring hasil ulekan tersebut.
14.  Mencampurkan santan dengan sari dari bahan yang di ulek
15.  Menambahkan sedikit madu dan jeruk nipis agar obat tersebut lebih berkhasiat.
16.  Obat tradisional siap untuk di minum.
D.     MANFAAT
Pada pembuatan obat tradisional ini banyak manfa’at atau khasiat yang dapat kita rasakan yaitu :
1.      Dapat menghilangkan bau badan akibat keringat.
2.      Menghilangkan nyeri pada saat menstruasi.
3.      Dapat menghaluskan kulit.
4.      Dapat menambah nafsu makan.
5.      Dapat mencegah berbagai macam penyakit.
6.      Mencerahkan kulit.
7.      Mengangkat sel-sel kulit mati.





E.     DATA PERCOBAAN
Gambar percobaan

      
        Bahan-bahan                   parutan kelapa                  santan di remas              santan di masak
              bahan akn goreng    bahan  tdk digoreng  proses penggorengan    ulekan bahan tdk di goreng
                         
Ulekan bahan ya digoreng  hasil dari ulekan           bahan yg diremas    proses penyaringan
      
   Penambahan jeruk nipis                hasil dari percobaan

F.      PEMBAHASAN
Kecantikan wajah dan kulit adalah sesuatu yang diharapkan oleh banyak wanita. Tapi alangkah lebih indahnya jika kita menggunakan tips kecantikan secara alami, karena walaupun hasil yang didapat lebih lama tapi hasilnya sepadan.
Selama ini, kita selalu menggunakan alat kosmetik yang di produksi oleh orang luar, tanpa kita ketahui unsur apa saja yang ada dalam kosmetik tersebut. Dan tak jarang dalam pembuatan alat kosmetik banyak mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.
Pada percobaan yang telah di lakukan di atas menggunakan dua cara yaitu dengan cara di masak atau yang mentah, maksudnya sebagian bahan di goreng atau sebagian nya lagi tidak di goreng, saya mengambil langkah ini agar berbeda dengan cara pembuatan-pembuatan sebelumnya yang dimana yang biasa saya buat yaitu dengan memasak hasil dari percobaan bukan seperti langkah di atas, hasil atau khasiat yang di dapatkanpun berdeda dengan cara yang dulu dengan cara yang sekarang, pada percobaan yang saya lakukan dulu hanya sekedar untuk menghaluskan kulit dan mengatasi bau keringat saja, akan tetapi setelah saya meminum obat tersebut saya merasakan dampaknya sangat luar biasa yaitu rasa ngantuk yang tidak tertahan.
Pada percobaan pembuatan obat tradisional di atas bukan hanya memiliki satu manfaat, akan tetapi dengan meminum obat tersebut banyak manfaat yang akan kita dapatkan.






BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN.
Dari pembuatan obat tradisional di atas dapat di simpulkan bahwa obat tradisional memiliki banyak manfaat bagi tubuh bukan hanya sebagai obat untuk mengobati suatu penyakit akan tetapi bisa juga di gunakan untuk tubuh seperti menghaluskan kulit dan menambah kecantikkan, dengan pembuatan ramuan ini bukan hanya satu manfaat yang akan kita dapatkan akan tetapi banyak khasiat yang dapat di serap oleh tubuh.
B.     KRITIK DAN SARAN
Dalam pembuatan laporan ini bisa di katakan bahwa kata sempurna masih sangat jauh untuk di ucapkan karna dalam laporan ini begitu banyak kekurangan,baik dalam bentuk tulisan,metode maupun isi dengan segala kerendahan hati penulis mengharapkan krtik dan saran dari pembaca.













DAFTAR PUSTAKA

Herlina Widyaningrum.Kitab Tanaman Obat Nusantara cetakan 1.Yogyakarta:PT Buku
 Seru,2011.
Hermenia de gunzman-ladion.Tanaman Obat Penyembuh ajaib.Bandung:publishing
house,2008.

WITA.

2013,pukul:14.40 WITA


[1] Herlina Widyaningrum, Kitab Tanaman Obat Nusantara cetakan 1(Yogyakarta:PT Buku Seru,2011),h.117.
[3] Hermenia de gunzman-ladion,Tanaman Obat Penyembuh ajaib(Bandung:publishing house,2008),h.89.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar